Belajar | Menulis Special Character Di Dokumen HTML

Alhamdulillah, Masih ada waktu buat nulis artikel lagi nih. Tapi mohon maaf sebesar-besarnya karena saya tidak menanggapi komentar masuk. Bukan merasa paling sombong maupun lainnya, tapi memang saya ga sempet buat nanggepin satu satu komentar masuk. Okelah, Langsung aja ke tEKapE nih. Tulisan sebelumnyakan membahas tentang tag <br /> dan tag <p>, Nah sekarang kita coba menulis Special Character Dalam Dokumen HTML.

Special Character itu apa ?

Pada artikel sebelumnya yakni Membuat Baris Baru & Paragraf, Kita sudah tau bahwa browser tidak mengenal pembuatan baris dengan tombol Enter. Disamping itu, browser juga tidak mengenal pembuatan spasi lebih dari satu spasi dengan menekan tombol Spasi ataupun tombol Tab. Nah, bagaimana caranya membuat lebih dari satu spasi dalam dokumen HTML? Pembuatan spasi dalam kode-kode HTML diganti tulisan &nbsp; seperti pada contoh di bawah ini :


<html>
<head>
<title>Penulisan Spasi Dalam Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
Ini Satu Spasi ....<br />
Ini&nbsp;&nbsp;&nbsp; Tiga &nbsp;&nbsp;&nbsp;Spasi<br />
&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Lima &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Spasi<br />
</body>
</html>


Simpan dan lihat hasilnya. Coba perhatikan Spasi dalam tulisan tersebut ! Apakah hasilnya sama dengan halaman yang saya buat ? Oia, Diantara banyaknya Special Character, Coba deh perhatikan dan buat sendiri dokumen HTML dengan menyisipkan Special Character Di bawah ini untuk Sekedar latihan Ringan.


&       &amp;    
>       &gt;
<       &lt;
"       &quot;
±       &plusmn;
©       &copy;
®       &reg;