Belajar | Membuat Baris Baru dan Paragraf

Sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara membuat baris dam paragraf. Biasanya untuk membuat baris baru, kita lakukan dengan menekan tombol enter. Bagaimana dengan dokumen HTML ? Cobalah membuat tulisan berikut pada Notepad.

<html>
<head>
<title>Penggunaan Enter Dalam Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
Baris Pertama
Baris Kedua
Baris Ketiga
</body>
</html>
Lalu Simpan & Lihat Hasilnya. Maka akan tampak seperti Halaman Membuat Baris Dengan Enter yang saya buat.

Tulisan akan tampak tanpa adanya paragraf. Kesimpulannya, penekanan tombol Enter tidak menghasilkan baris dalam tampilan browser. Demikianlah sifat penulisan dokumen HTML. Lantas, bagaimana caranya membuat baris? Gunakanlah tag <br/ >. Tag ini tidak mempunyai tag penutup. Nah, Cara untuk menerapkannya dengan mengedit Dokumen HTML yang di buat tadi. Anda bisa menyisipkan tag <br/ > untuk membuat baris baru. Contohnya bisa di lihat di bawah ini :

<html>
<head>
<title>Penggunaan BR Dalam Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
Baris Pertama<br />
Baris Kedua<br />
Baris Ketiga<br />
</body>
</html>

Untuk bahan latihan silahkan anda buat sendiri kreasi masing masing tentang penggunaan tag BR. Contohnya seperti kode html yang saya buat di bawah ini :

<html>
<head>
<title>Penggunaan BR Dalam Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
Baris pertama<BR/ ><BR/ >
Baris kedua kosong, dan ini baris ketiga<BR/ ><BR/ ><BR/ >
Baris keempat dan kelima kosong, dan ini baris keenam
</body>
</html>
Di sini kita lihat bahwa tag <BR> yang ditulis dua kali akan menghasilkan dua baris, demikian seterusnya. Setelah pandai membuat baris, sekarang kita akan belajar membuat paragraf. Perhatikanlah contoh tulisan di bawah ini :
<html>
<head>
<title>Penggunaan Tag P Dalam Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
<p>Paragraf pertama</p>
<p>Paragraf kedua </p>
<p>Paragraf ketiga</p>
</body>
</html>
Simpan dan Lihat Hasilnya. Anda juga dapat melihat hasilnya di halaman Penggunaan Tag p Untuk Membuat Paragraf. Tentunya anda dapat memulai latihan sendiri dengan menggabungkan pelajaran sebelumnya dengan sekarang ini. Ini agar kita tidak melupakan pelajaran yang sudah di pelajari.